-pertama klik option vraynya.
-pada global switch saya nyalakan hidden lightnya (maksudnya light yang kita buat apabila kita hide maka tidak akan mempengaruhi scane pada saat dirender.
-kemudian maximum depthnya saya kurangi menjadi 2 sehingga seolah-olah kedalaman dari refleksi atau refraksi adalah 2
-untuk system max depthnya kita buat 85
-kemudian ordernya kita buat dari atas kebawah sehingga saat merender kotak-kotaknya teratur dari atas kebawah dan tidak acak
-pada camera, psycal camera kita centang
-shutter speednya ubah menjadi 100
-film speednya juga kita rubah menjadi 80 semakin besar maka semakin terang hasil render, sebaliknya apbila parameternya diturunkan maka semakin gelap
-berikutnya enviroment GI pada m Nya kita klik
-kita akan menggunakan plug in vray sun, klik sun pilih sun 1
-ubah itensity nya 0,15 karena semakin besar intensitasnya maka hasil render akan menjadi terang
-ozonenya kita ubah menjadi 1 sehingga suasanya menjadi lebih cerah kearah biru langit
-subdvs kita naikan sedikit menjadi 15 sehingga bayangan menjadi lebih halus, dan klik ok
-warna dari enviroment langitnya kita ubah sedikit sehingga agak lebih cerah agar lebih terang ke arah biru muda
-klik image sampler antialiasing filter saya ganti menjadi catmull rom
-max subdvs kita kurangi menjadi 5
-dcm samplernnya kita ubah parameternya adaptiv amountnyanya diubah menjadi 0,9
-min samplesnya menjadi 9
-global subdvs multnya kita ubah menjadi 1,2
-berikutnya color mapping type saya ubah menjadi linier multy play
- dark multipliernya saya ubah menjadi 1,1
-bright multiplaynya juga saya rubah 1,1
-gamma juga saya rubah menjadi 1,9
-input gamma juga saya rubah menjadi 1,9
-clamp output kita centang
-outputnya agar komposisinya sama seperti yang ada pada layar komputer maka image aspect ratio saya rubah menjadi 1,6 lalu saya lock dengan mengklikL
-saya rubah parameternya saya rubah menjadi 1600
-indirect ilumination kita nyalakan ambient occlusion(centang)
-amountnya kita ubah menjadi 0,95
-subdvs kita naikan menjadi 15 agar lebih halus
-radius kita naikan menjadi 50(semakin tinggi nilai radius AO maka semakin tajam gambar yg dihasilkan diantara pertemuan dua sudut)
-pada irradiance map saya hanya akan merubah parameter hsph. subdvs menjadi 80
-pada light cache saya hanya akan merubah nilai sample size menjadi 0,01
kemudian settingan yang lainnya dibiarkan seperti adanya...
selanjutnya kita akan memberikan bayangan pada sketchup window>shadow kemudian klik gambar kotak dan atur seperti gambar diatas. bayangan rubah agaksedikit miring seperti gambar diatas
hasil raw render...
kemudian hasil raw render ini akan saya photoshop sehingga hasilnya akan seperti ini
demikian tutorial sketchup kali ini semoga bermanfaat...