berikut ini adalah beberappa situs yang menyediakan jasa render engine
Web VRay - asgvis.com
Web Cadalog - Podium
Web Thearender.com
Web Twilightrender.com
Web iRender nXT - renderplus.com
Web indigo renderer.com
Web randomcontrol.com - fryrender
Web artlantis.com/
Web maxwellrender.com
Web IDXRenditioner
Web Render[in]
Web Shaderlight
Web Piranesi
Web fluidray.com
http://www.lumenrt.com
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merender:
proses render adalah simulasi matematis suatu software untuk meniru mata manusia/camera dalam merekam efek cahaya yang terjadi terhadap suatu ruang/benda/obyek.
Nah, jadi, saat kita ingin menyiapkan obyek desain sketchup kita untuk dan saat akan di render, sebaiknya;
1. Ketahui terlebih dulu, cara menggunakan fitur-fitur software Render yang akan kita pergunakan. Beda software-beda cara, walaupun pada prinsipnya sama saja.
2. Ketahui tema suasana lingkungan obyek yang kita pilih, apakah cerah, mendung, berkabut, hujan, pagi, siang, sore atau malam, Indoor atau outdoor, panas, hangat atau dingin (hal ini akan sangat berkaitan dengan jenis bahan/tekstur/warna yang akan dipergunakan).
3. Ketahui sifat-sifat real bahan, secara fisik (ber-tekstur, halus, licin, kasar, tua/berkarat, dll), sifat pengaruh terhadap cahaya (sumber cahaya (Omni, IES, Spot, Rectangular light), emmisive, reflektif, refraktif, caustic, glossy, doff, dll).
4. Ketahui kondisi real bahan/model desain secara konstruksi (panjang/pendek/lebar/tipis, sambungan, potongan, lapisan,arah serat/alur, dll), walaupun hasil render nantinya sangat bagus tetapi jika tidak proporsional atau sesuai konstruksi, maka tentu akan tetap tekesan kurang baik.
5. Aplikasikan bahan/material/tekstur dengan detail sesuai kondisi real, persiapkan/cari/pergunakan tekstur/material dengan resolusi yang baik (carilah tekstur/material seamless untuk bidang yang luas/lebar).
6. Perhatikan peng-aplikasi-an Background, frontground dan aksesoris pelengkap ruang/desain (kendaraan, tanaman, lampu, perabot, orang, hewan, perabot dll) baik langsung maupun post-work dengan software lain seperti Gimp/Photoshop, sehingga feel/suasana akan lebih baik.
Jika Semua hal diatas telah dilakukan, maka;
1. Jika masih dirasa perlu, tingkatkan/perbaiki kualitas hasil render, dengan melakukan Post-work/postpproduksi dengan software lain seperti Gimp, Photoshop, ACDSee, Picasa, Paintshop, dll.
Penggunaan Software olah grafis pasca render tidaklah merupakan hal tabu, bahkan ahli render dan developer software render sekalipun melakukan dan menganjurkan hal ini.
2. Semakin detil/kompleks suatu desain/model, maka akan berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses render, selain dari faktor hardware komputer yang kita pergunakan.
3. Hasil yang baik seringkali tidak didapatkan dalam sekali proses render, membutuhkan proses trial&error; sehingga didapat hasil yg dirasa sudah cukup seperti yang kita inginkan.
Jika kita mengadopsi seting yg dipergunakan oleh orang lain/desain lain yang mirip dengan desain kita, karena setting yg dipergunakan pada tiap desain dan model pun tidaklah identik, jadi sebaiknya tetap mesti melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu.
Untuk mendapatkan hasil render yang bagus/realistik, memang membutuhkan waktu (No Pain No Gain) dan "jam terbang" yang cukup serta tentu tidak didapatkan dalam waktu yang singkat
Source: Sketchunesia